Siapakah Perancang Candi Borobudur?

#VisitnesiaInfo
Hai Visitnesians,
Gunadarma sang arsitek Candi Borobudur adalah seseorang yang sangat taat dalam beragama Buddha. Mungkin beliau juga berharap kerajaannya selamat dari letusan gunung berapi dn bencana lainnya. Akhirnya Gunadarma memikirkan suatu rencana untuk membangun tempat ibadah di sebuah pulau yang berada di tengah danau dengan harapan agar Tuhan melindungi manusia dari berbagai bencana.

Gunadarma merancang sebuah tempat ibadah yang berbentuk bunga teratai. Bunga teratai raksasa yang mekar di tengah danau dan dikelilingi oleh tujuh gunung. Raja kerajaan Syailendra pada masa itu setuju dan mendukung pembangunan tempat ibadah tersebut.

Setelah dilakukan pembangunan selama 92 tahun akhirnya pembangunan tempat ibadah tersebut selesai. Tempat ibadah tersebut menyerupai bunga teratai raksasa yang berada di tengah danau. Saat ini kita mengenalnya dengan nama Candi Borobudur.

Namun sayang akibat letusan gunung berapi serta gempa bumi, danau di sekitar Candi Borobudur menjadi hilang. Tumpukan debu vulkanik dari gunung berapi menyebabkan danau di sekitar Candi Borobudur mengering. Sekarang Candi Borobudur sudah tidak memiliki danau dan tidak banyak yang tahu soal ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s