Wisatawan Jangan Khawatir, Dieng Sudah Aman

#VisitnesiaInfo

Hai Visitnesians,
Ini statemen pak menteri Pariwisata. “Soal Erupsi di Kawah Sileri, Dieng, Banjarnegara, kami sudah menerima laporan dari Tim Crisis Center Kemenpar.
1. Tim Crisis Center Kemenpar sudah menggali informasi terbaru, dari Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, dan mereka memastikan tidak ada kenaikan status waspada sehingga aktivitas pariwisata di kawasan dataran tinggi Dieng tetap berjalan normal. Khusus di Kawah Sileri minimal dalam radius sejauh 100 meter, jangan terlalu dekat. Kami tahu, wisatawan kita suka dekat-dekat dengan tempat yang masih bahaya, sebaiknya ikuti saran dari BNPB.
Sedangkan tujuan lain seperti Kawah Sikidang tetap berjalan normal. Lalu diperkuat dengan keterangan resmi dari BNPB bahwa kawasan Dieng sudah aman dan kembali normal. Sampai pagi ini (3/7) tidak ada gempa susulan di Kawah Sileri. Kondisi kawah-kawah lain yang berada di kawasan tersebut juga berada dalam kondisi normal. Artinya lokasi tersebut aman bagi aktivitas pariwisata.

2. Karena itu, Kemenpar sudah merekomendasi lagi bagi wisatawan, untuk datang, mengeksplorasi lagi ke kawasan Dieng. Seperti yang dihimbau oleh BNPB, sebaiknya masyarakat tidak mendekati bibir kawah tersebut. Sejak Juni 2017 lalu sudah ada imbauan agar tidak beraktivitas di dalam radius 100 meter dari Kawah Sileri, di Kompleks Gunung Dieng.

3. Silakan berwisata ke Dieng, menginap di homestay yang ada di sana, merasakan sensasi budaya di Dieng, yang berada di kawasan ketinggian berhawa sejuk. Destinasi wisata candi-candi Hindu seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Sumur Jalatunda, Telaga Merdada, Telaga Menjer, Bukit Sidengkeng (Danau Tiga Warna), Telaga Menjer, semua aman dikunjungi. Jarak destinasi itu lebih dari 1,5 km dari Sileri.
4. Para Netizen, silakan promosikan kembali keindahan alam dan budaya Dieng melalui media sosial. Kabarkan bahwa Dieng dalam posisi aman.
5. Banyak kuliner asyik di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, yang menjadi titik lokasi Dieng itu. Karena udaranya sejuk, pemandangan menuju ke sana kiri kanannya Instagramable. Ada mie ongklok, ada geblek, ada sate kelinci, jagung bakar dan lainnya. Salam Pesona Dieng. Salam Pesona Indonesia.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s