Dari 195 Negara yang Ada di Dunia, Hanya Ada 4 Warna Dasar Paspor

#VisitnesiaInfo

Hai Visitnesians,
Dari 195 negara yang ada di dunia, hanya ada 4 warna dasar paspor. Jika selama ini kamu mengira bahwa warna paspor ditentukan oleh seberapa kuat paspor dari negara itu, maka kamu salah.

Tidak ada ketentuan baku yang menyatakan warna yang harus dipilih sebagai cover paspor sebuah negara. Masing-masing negara memiliki kebebasan sepenuhnya untuk memilih warna paspor yang mewakili negaranya. Namun entah mengapa, kita hanya menemukan 4 warna dasar paspor di seluruh dunia, yaitu merah, biru, hijau, dan hitam. Alasan di balik keberadaan keempat warna ini pun berbeda-beda.

Paspor warna merah
Paspor berwarna merah sering dipilih oleh negara-negara yang pernah memiliki sejarah komunisme ataupun masih mempraktekkannya hingga sekarang, seperti Slovenia, Cina, Serbia, Rusia, Latvia, Romania, Polandia, dan Georgia. Selain itu, paspor berwarna merah juga banyak digunakan negara-negara di Uni Eropa (kecuali Kroasia), ataupun negara yang berniat untuk bergabung di dalamnya, seperti Turki.

Paspor warna biru
Negara dengan paspor berwarna biru biasanya melambangkan negara-negara “dunia baru”, seperti yang dipergunakan oleh negara-negara di wilayah Karibia. Beberapa negara di Amerika Selatan seperti Brazil, Argentina, dan Paraguay juga menggunakan paspor berwarna biru karena tergabung dalam serikat buruh Mercosur. Sementara itu, negara adidaya Amerika Serikat sendiri baru menggunakan paspor berwarna biru sejak tahun 1976.

Paspor warna hijau
Paspor dengan warna hijau banyak dipilih oleh negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim, seperti Indonesia, Maroko, Arab Saudi, dan Pakistan. Warna hijau dianggap sebagai warna Nabi Muhammad, serta melambangkan alam dan kehidupan. Namun, warna hijau juga digunakan oleh negara-negara Afrika Barat, seperti Burkina Faso, Nigeria, Pantai Gading, dan Senegal, sebagai pertanda bahwa mereka tergabung dalam ECOWAS atau Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat.

Paspor warna hitam
Warna paspor yang paling jarang ditemui adalah paspor dengan warnhitam. Sejauh ini, pemilihan warna hitam sebagai sampul paspor dilakukan karena alasan kepraktisan, yaitu karena warna hitam dianggap tidak cepat kotor.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s